Trading Dengan Double Doji Strategi

Doji merupakan salah satu bagian dasar dari candlestick pattern, pada artikel sebelumnya sudah banyak saya bahas mengenai dasar pola candlestick indikator. Nah, mari kita ulas secara tuntas mengenai apa itu pola Doji pattern terlebih dahulu, agar nantinya dalam pembahasan mengenai strategi yang bisa digunakan dalam trading lebih jelas dan mudah dipahami.

Doji adalah pola netral, dimana dibutuhkan konfirmasi candlestick selanjutnya supayta Anda bisa memprediksi arah dari trend selanjutnya. Bentuk Doji pattern ini lebih mirip dengan spinning tops, yang membedakan hanya ia tidak memiliki body sebab harga sama dengan harga close-nya. Bisa juga memiliki body yang sangat kecil sehingga sepintas tidak terlihat/samar-samar dan hanya bisa terlihat sebagai sebuah garis tipis.

Sama dengan pola seperti spinning tops, doji lebih menggambarkan pertarugan yang seimbang, pertarungan antara bull dan bear, dalam hal ini ada 4 jenis pola doji, yakni long-legged doji, dragonfly doji, four price doji, dan graveston doji. Lebih jelasnya lagi silahkan lihat gambar dibawah ini :

Long-Legged doji ini sangat mudah dikenali dari melihat shadownya yang terlihat panjang, dan yang jelas kedua shadow dapat kita lihat ketahui dan panjang yang hampir sama, atau perebdaan panjangnya tidak terlaampau jauh. (Baca juga: Perbedaan Trading Forex dan Binary Options)

Sedangkan dragonfly doji mempunyai harga open, close dan high yang sama atau bisa juga hampir sama, dengan bentuk seperti huruf (T). akan ettapi ada kalanya body terliihat agak kebawah sedikit sehingga dragonfly doji ini terlihat seperti salib. Istilah dragonfly ini diungkapkan karena bentunya lebih seperti capung.

Four price doji adalah doji yang mempunyai harga open, close dan high serta low yang sama.
Gravestone doji mempunyai harga open, close dan low yang sama. Doji ini bentuknya seperti batu nisan, ada kalanya body terlihat sedikit ke atas sehingga bentuknya seperti sebuah Salib terbalik. Sebagai pengingat, kemunculan pola doji biasanya memperlihatkan bahwa tekanan bullish ataupun bearish akan mulai berkurang. Namun masih tetap diperlukan konfirmasi candlestick berikutnya untuk mengambil keputusan.

Strategi Double Doji Pattern

Bagaimana Double Doji bisa digunakan?
Sebuah pola double doji pattern biasanya digunakan sebagai salah satu indikator pembalikan trend, membentuk ke atas (bullish), dan juga ke bawah (bearish), hal ini juga bisa dijadikan pertanda yang signifikan bila ada volume trend bullish yang tinggi sehingga kemungkinan besar aka nada reversal, dan juga sebaliknya. Sebaiknya bila Anda ingin melihat momentum pembalik yang benar maka bersabarlah dalam menunggu konfirmasi candlestick berikutnya. Ada pola lain dari indikator pembalik trend doji ini, apa itu?

Berikut Strategi Trading dengan Double Doji Pattern
Setelah Anda mengidentifikasi uptrend, dan lebih banyak lagi bila tidak semua chart berada diatas EMA20, lalu kemudian Anda bisa mulai melihat adanya pullback yang menuju kea rah EMA20, mungkin anda bisa saja tergoda untuk open posisi buy ketika harga sudah menyentuh garis EMA, namun akan lebih baik menunggu beberapa konfirmasi candlestick berikutnya yang mengindikasikan adanya pembalikan harga (reversal). Nah, sekarang bila Anda melihat adanya pertanda harga turun di bawah garis EMA, lalu membentuk doji , dan selanjutynya membentuk doji kedua, maka Anda pada selanjutnya tinggal menunggu bentuk bar baru (konfirnsi) candlestick berikutnya apakah akan bergerak lebih tinggi lagi dari puncak sebelumnya, dan saat itulah waktu untuk entry posisi.

Kelemahan Strategi Double Doji Pattern
Ada banyak sinyal dengan memeperlihatkan pola double doji pattern, sehingga Anda akan melihat banyak dan bagian tersulit dari ini adalah mengetahui adanya fake signal (sinyal palsu). Makin terlihat tepat maka sinyal palsu ini akan terlihat nyata juga, gunakan analisa fundamental sebagai pengimbang dari strategi ini, kesabaran dan juga ketelatenan adalah kunci utama untruk focus yang lebih baik. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, salam profit.

Incoming search terms:

  • strategi doji

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *