Mengenal Candlestick Bullish Reversal Pattern

Sebelum lebih jauh lagi kita bahas satu persatu dari sekian banyak puluhan pola candlestick pattern, ada kalannya kita perlu mengetahui pengetahuan dasar dari candlestick pattern ini. Apakah sebenarnya arti atau makna dari candlestick pattern ini? Berikut ulasan sederhana mengenai dasar-dasar dari candlestick.

Saya rasa Anda trader yang sudah mengenal berbagai macam chart salah satunya candlestick ini, sebab chart jenis ini sudah populer dikalangan para trader. Konon dahulu kala, jenis chart ini untuk pertama kali digunakan di Jepang oleh Munehisa Homma, sekitar abad ke 17 untuk memperhitungkan pergerakan harga beras. (Baca juga: Tips Memilih Broker forex)

Munehisa Homma ini adalah seorang pedangang berad pada masa itu dan dianggap sebagai pelopor penggunaan metode tersebut. Menurut Steve Nison, seorang yang telah diketahui mempopulerkan metode analisis menggunakan pola candlestick ke dunia barat, dengan melalui bukunya “Japanese Candlestick Charting Techniques”, mengungkapkan bahwa kemungkinan besar metode ini dimulai setelah tahun 1850an.

Teknik analisis dengan candlestick pattern ini sebetulanya mengubah candlestick menjadi sejenis indikator, dengan mengenali pola tertentu, lalu Anda bisa memperkirakan kemana harga akan bergerak. Untuk diingat, bila pola candlestick ini biasanya hanya diikuti oleh koreksi dengan jangka pendek, pola tersebut akan sangat berguna bagi trader dengan memanfaatkan peluang koreksi. Namun meski demikian, tidak menutup kemungkinan bila pola candlestick ini bisa diikuti oleh reversal atau pembalikan arah untuk janngka waktu yang lebih panjang.

Nah, sebagai awal mula adanya pola candlestick ini sudah kita uraikan dengan jelas diatas, ditahap selanjutnya adalah pola dasar dari candlestick ini. Akan tetapi itu akan kita bahas di lain waktu saja, mari kita focus pada candlestick bullish saja.

Bullish Candlestick Pattern
Bullish atau bisa juga dikatakan sebagai trend naik, sebuah pola pergerakan harga yang menunjukan keniakkan harga dari sebuah pair. Dalam bentuk trend naik ini maka kita bisa melihat banyak pergerakan dengan pola yang berbeda-beda bentuknya, nah dalam artikel ini sudah kami kumpulkan 5 pola bullish candlestick yang bisa Anda cermati dan gunakan sebagai referensi.

1. Bullish Abandoned Baby
Merupakan salah satu pola candlestick yang terbentuk oleh 3 batang candlestick, sebuah candlestick hitam panjang, sebuah candlestick doji, dan juga sebuah candlestick putih. Dari ketiga ini membuat pola yang memberitahu Anda bahwa bearish makin melemah dan bullish telah makin menguat. Sebagai contoh lihat gambar, untuk memudahkan Anda memahami (perkiraan gambar, bahwa bullish akan terus naik)

2. Bullish Piercing Line
Merupakan salah satu pola candlestick yang terbentuk oleh 2 batang candlestick, satu batang panjang hitam dan satu batang candlestick bullish putih dan panjang. Dari kedua pola ini mengartikan bahwa bullish menjadi lebih kuat lagi dari bearish, diperkirakan bahwa market kedepan bullish masih akan menguasai pasar.

3. Bullish Morning Star
Merupakan pola candlestick yang terbentuk oleh tiga buah candlestick, sebuah batang hitam panjang, batang pendek putih, dan batang putih panjang. Dari ketiga candlestick ini memberitahukan bahwa setelah pasar ramai/sengit, bullish akan menang untuk selanjutnya.

4. Buliish Three Outside Up
Merupakan pola candlestick bullish yang terbentuk oleh tiga buah candlestick, terbentuk oleh sebuah hitam panjang dan dua putih candlestick putih berbatang panjang, dari ketiga batang candlestick ini memperlihatkan peregerakan bullish bakal menguat, perkiraannya untuk kedepannya adalah bullish akan tetap menguat.

5. Bullish Concealing Baby Swallow
Merupakan pola candlestick yang terbentuk oleh tiga buah candlestick, yang unik dari ketiga batang candlestick ini adalah semua berbatang hitam. Jelas bila setiap candlestick ini dibaca terpisah maka yang kita tahu bahwa bearidh masih mendominasi, namun bila kita satukan maka informasi yang kita dapat berbeda, yakni bearish melemah dan bullish malah justru menguat. Sebagai contoh lihat gambar dibawah ini.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai candlestick bullish, sebenarnya masih banyak lagi jenis dan pola dari candlestick pattern ini, namun ini saja dahulu, semoga Anda lebih terbantu dalam bertrading. Salam profit.

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *