Mengenal Bullish Marubozu dari Marubozu Candlestick Pattern

Sebelum lebih jauh lagi mengenal tentang candlestick Bullish marubozu sebaiknya pahamilah dasar-dasarnya terlebih dahulu. Hal ini sangat penting sebab seorang pemula dalam dunia trading tidak akan paham tanpa memulainya dari sebuah dasar terlebih dahulu. Nah , untuk itu mari kita bahas seputaran dasarnya terlebih dahulu.

Marubozu adalah sebuah bentuk dari candlestick yang mudah dikenali dengan banyak trader menggunakannya sebagai indikator dalam ber-trading. Marubozu sediri merupakan candlestick dengan bentuk body yang panjang dan berbayangan/shadows yang bervariasi. (Baca juga: Apa itu Pola Candlestick Harami?)

Dalam trading dengan menggunakan candlestick tipe ini, maka akan marubozu akan dibagi menjadi dua lagi, yakni bullish marubozu atau bisa juga disebut juga dengan white marubozu dan bearish marubozu atau disebut juga dengan black marubozu. Dari kedua masing-masing jenis ini memiliki banyak variasi yang tergantung dari shadows. Oke, setelah mengetahui dari dasarnya yang berupa candlestick marubozu ini maka selanjutnya adalah penjabaran dari masing-masing jenis marubozu ini.

1. Bullish Marubozu atau White Marubozu
Kenapa disebut dengan white atau putih? Jawabnya adalah karena bullish marubozu ini hanya berwarna putih dalam tiap batang candle-nya, atau lebih tepatnya tidak memiliki banyangan sendiri, selain itu juga opening price sama dengan low, dan untuk closing price sama dengan high. White opening marubozu memiliki shadows di atas, closing price tidak sama dengan high. Begitu juga sebaliknya, white closing marubozu memiliki shadows di bawah, opening price tidak sama dengan low.

Sebagai penjelas lihat gambar dibawah ini untuk mengetahui bullish marubozu.

2. Bearish Marubozu atau Black Marubozu
Kenapa disebut dengan black atau hitam? Jawabnya adalah karena warnanya hitam dan kebalikan dari bullish marubozu. Opening price sama dengan high, sedangkan untuk closing price sama dengan low.
Sebagai penjelas lihatlah gambar di bawah ini

Marubozu menjadi sebuah pertanda trend yang kuat muncul, Maribozu terlihat bila buter ataupun seller saja yang mendominasi market, ketika maribozu ini muncul dalam trend maka kita bisa melihat beberapa arti atau memaknai kemunculan mereka dengan beberapa maksut diantaranya adalah sebagai berikut :
a. Bullish marubozu yang terlihat pada uptrend menandakan kemungkinan uptrend akan terus berlanjut dalam pergerakan harga selanjutnya.
b. Bullish marubozu yang muncul pada downtrend menandakan bahwa kemungkinan kuat akan datang reversal pergerakan harga.
c. Sedangakan bearish marubozu yang muncul pada downtrend memperlihatkan pasar akan melanjutkan downtrend dengan sangat kuat atau berkemungkinan besar.
d. Bearish marubozu yang terlihat pada uptrend akan memperlihatkan indikasi adanya kemungkinan reversal, jangan sampai terbalik dalam menyikapi atau membaca arah trend, sebab sangat penting dalam pengumpulan atau penargetan profit dengan memanfaatkan trend pasar.

INGATLAH SELALU, “Pada dasarnya salah satu sifat dari Marubozu adalah bila candlenya naik, maka untuk selanjutnya bakal naik dan bila cadle marubozu turun maka kelanjutannya bakal turun, akan tetapi perlu lagi diingat bahwa realitanya terkadang tidak sesimpel itu.”

Untuk entry poin baik itu close price atau menggunakan pending order, sebaiknya menggunakan stop loss sekitar 50% hingga 100% dari ukuran candle marubozu tersebut. Marubozu candlestick pattern entah itu bullish ataupun bearish bisa diukur dengan menggunakan tools Crosshair di Metatrader. Para trader sendiri biasanya akan menunggu beberapa candle yakni 1 atau dua, dan berikutnya untuk bisa memastikan pergerakan pair pada selanjutnya.

Itulah sedikit pembahasan mengenai bullish marubozu, semoga bermanfaat –salam profit-

Incoming search terms:

  • marubozu putih berbadan dua
  • white marubozu apa itu

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *